Tuesday, March 26, 2013

Dua Fakta dan Mitos Pencabutan Gigi yang Penting untuk Anda ketahui :







Masih banyak ditemukan pengetahuan awam yang salah kaprah tentang pencabutan gigi. Beberapa mitos tentang pencabutan gigi yang diwariskan secara turun-temurun di masyarakat menjadi penghalang seseorang untuk melakukan perawatan ke dokter gigi. Inilah dua mitos yang paling sering ditemukan dan fakta yang yang perlu anda ketahui :


  1. Mitos : Cabut gigi atas menyebabkan kebutaan 
    Fakta : Saraf penglihatan mata dan gigi berbeda. Jadi selama gigi tidak dalam kondisi radang akut dan tidak ada kontraindikasi pencabutan, pencabutan gigi baik gigi atas maupun bawah aman dilakukan.
  1. Mitos : Saat sakit gigi, sebaiknya gigi langsung dicabut 
    Fakta : Pada saat sakit/bengkak, pembuluh darah dalam kondisi melebar sehingga jika dilakukan beresiko menyebakan kuman menyebar pada bagian tubuh lain melalui aliran darah (bakteremia). Selain itu kondisi sakit (akut) pada gigi menyebabkan daerah yang sakit bersifat asam sehingga obat anestesi (obat bius) yang bersifat basa akan dinetralkan sehingga fungsi obat bius untuk memblok rasa sakit tidak berfungsi. Karena itu, tidak boleh dilakukan pencabutan gigi pada saat sakit gigi atau bengkak.

No comments:

Post a Comment